Friday, September 30, 2011

Nusantara Buana Air: Pesawat Laik Terbang


Lokasi jatuhnya pesawat
Jakarta - Pihak manajemen PT Nusantara Buana Air (NBA) menyatakan pesawat miliknya, Cassa 212, yang jatuh sebenarnya laik terbang. Pesawat tersebut baru melakukan pengecekan rutin pada 22 September lalu.

"Perlu kami sampaikan bahwa kondisi pesawat sampai tadi berangkat itu dalam kondisi yang laik terbang. Terkahir melaksanakan inspeksi (pemeriksaan) 100 jam pada tanggal 22 September kemarin," terang Safety Manager Nusantara Buana Air, Robur AD Rizallianto, saat ditemui di kantornya di Gedung Nusantara Buana Air Jl Dr Saharjo, Jakarta, Kamis (29/9/2011).

Menurut Robur, tim NBA yang berada di Medan, saat ini tengah menuju lokasi tempat keberadaan pesawat. "Teman-teman NBA Medan sedang menuju yang diduga lokasi keberadaan pesawat," katanya.

Robur menjelaskan, saat pesawat terbang kondisi cuaca dalam keadaan cukup baik. Hanya saja, angin yang bertiup memang cukup kencang.

Medan yang dilalui pesawat memang di atas perbukitan. Namun Robur memastikan bahwa pilot NBA sudah diberi training ketika berhadapan dengan kondisi buruk.

"Ada perbukitan, tapi kita sudah berikan pelatihan kepada pilot bagaimana jika cuaca ataupun kondisi tidak memungkinkan untuk mendarat. Semua pilot di sini sudah diberi training untuk itu," tambahnya.

Akibat insiden hilangnya pesawat tersebut, Robur mengaku sebagian keluarga korban sudah menghubungi pihak NBA.

"Sudah ada yang menghubungi, kita minta untuk sabar dan mohon doanmya semua crew dan penumpang selamat," tandas Robur.

Pesawat Cassa 212 ini terbang dari Medan pukul 07.00 WIB. Seharusnya pesawat tersebut sampai di Kutacane, Aceh Tenggara pada pukul 08.00 WIB. Pesawat itu terakhir melakukan kontak dengan air control saat berada di atas Bohorok, Kabupaten Langkat. Hingga kini, Tim SAR masih menuju titik lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Pesawat itu jatuh di pegunungan kapur di Aceh Tenggara. Semua penumpang dan awak yang berjumlah 18 orang diduga tewas.

(lia/nwk)

No comments: