Thursday, September 6, 2012

Bandara SIM, Transit Pesawat Haji Wilayah Barat

Banda Aceh, (Analisa). Sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pada tahun ini masih dipercayakan sebagai tempat transit bagi penerbangan jemaah calon haji (calhaj) wilayah Barat pada musim haji 2012/1433 H
Calhaj yang akan transit di Bandara SIM adalah dua penerbangan yang berangkat dari embarkasi haji Balikpapan dan Banjarmasin sebelum terbang kembali menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah, Arab Saudi.

"Jadi pada musim haji tahun ini, Bandara SIM masih tetap digunakan sebagai bandara transit haji di wilayah Indonesia Barat, yaitu calhaj asal dua embarkasi lain di tanah air dan diangkut dengan penerbangan Garuda Indonesia. Pesawat transit untuk mengisi bahan bakar di Bandara SIM sebelum melanjutkan perjalanan menuju Arab Saudi," ujar General Manager PT Garuda Indonesia Banda Aceh, Dwi Khrisbiantoro kepada wartawan, Rabu (5/9).

Disebutkan, Bandara SIM Blang Bintang telah dinyatakan layak untuk bandara transit di wilayah barat Indonesia. Calhaj Banjarmasin yang transit di Bandara SIM sebanyak 15 kelompok terbang (kloter) dan Balikpapan 16 kloter.

Pada musim haji tahun 2012, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia Airways akan menerbangkan sebanyak 112.683 jemaah calon haji Indonesia untuk menunaikan rukun Islam kelima di Arab Saudi, yang akan diterbangkan dari 10 embarkasi haji di Indonesia masing-masing Embarkasi Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta/Halim, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Ujungpandang dan Lombok.

Sedangkan khusus untuk Aceh sendiri, total calhaj tahun 2012 tercatat sebanyak 3.984 orang yang tergabung dalam 13 kloter. "Selain 13 kloter dari Embarkasi Banda Aceh, akan ada pesawat transit di Bandara SIM dari Balikpapan sebanyak 15 kloter dan Banjarmasin 16 kloter," sebutnya.

Untuk fase pertama (keberangkatan) akan dimulai serentak pada 21 September, kecuali Banjarmasin 25 September dan berakhir 20 Oktober. Sedangkan fase II (kepulangan) mulai 31 Oktober sampai 1 Desember 2012.

Carteran

Pesawat yang mengangkut calhaj Aceh adalah pesawat carteran jenis Boeing Seri 767-300ER Thomas Cook dari Maskapai Penerbangan Inggris dan Airbus 330 Hi Fly dari Portugal dengan masing-masing kapasitas setiap penerbangan 325 seat penumpang.

"Sebagai informasi tambahan dan service dari Garuda Indonesia, untuk fase II akan melewati "West Terminal" guna kenyamanan jemaah. Ketentuan barang bawaan 1 koper besar maksimal berat 32 kilogram tambah 1 tas tentengan (troley) maksimal 7 kilogram," ungkap Dwi.

Sementara itu, terkait dengan persiapan pemberangkatan calhaj asal Aceh, Dwi Khrisbiantoro menjelaskan, sejauh ini akan terus dipersiapkan "Kita dari pihak Garuda telah mengontrak sebanyak 16 pramugari dan pramugara haji yang direkrut khusus dari putra dan putri terbaik Aceh, untuk memberikan pelayanan kepada para jemaah," tandasnya. (mhd)

No comments: