Friday, May 23, 2014

Mudah Mengurus STNK hilang.

Mungkin anda pernah mengalami kehilangan STNK kenderaan? Sehingga membuat aktivitas kita jadi sedikit terganggu ketika kita harus pergi-pergi. Alasannya, karena tidak ada STNK, takutnya kena tilang.
Tidak perlu cemas. Ternyata, proses mengurus STNK yang hilang itu tidak terlalu rumit. Hanya dengan Rp 50.000 dan mengurusnya sendiri, STNK baru sudah bisa kamu miliki.
Dilansir dari Humas Polri, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu syarat-syarat dan prosedur pengurusan.
Pertama yaitu syarat-syarat data dan kelengkapan. Siapkan KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi), kemudian fotokopi STNK Anda yang hilang, plus Surat Keterangan hilang STNK dari polsek atau polres wilayah Anda, serta BPKB asli dan fotokopi.
Nah, sebelum kita bahas prosedurnya, buat kamu yang STNK nya masih ada ditangan, ada baiknya STNK kamu difoto copy, surat-surat berharga lainnya (SIM, KTP, STNK, BPKB). Tujuannya supaya kita adan arsipkalau nanti misalnya barang asli hilang.
Kalau udah punya persyaratan data yang disebutkan diatas, ikuti langkah selanjutnya :
1. Cek fisik kendaraan Anda. Fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Mengurus cek blokir (mengurus surat keterangan STNK hilang dari samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Lampirkan semua persyaratan data dan surat keterangan hilang dari samsat.
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bila telah dibayar, maka bebas biaya pajak.
6. Membayar biaya pembuatan STNK baru.
7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

No comments: