Monday, September 14, 2015

Bank Mandiri mewajibkan nasabahnya untuk Ganti PIN ATM Mandiri 4 Digit ke 6 Digit

Cara Ganti PIN ATM Mandiri 4 Digit ke 6 Digit , Selama ini Bank Mandirimenggunakan 4 digit angka sebagai PIN ATM-nya, namun sejak 18 Agustus 2015 kini Bank Mandiri telah menerapkan perubahan / pergantian PIN ATM Mandiri dari 4 digit menjadi 6 digit. Sehingga Nasabah Bank Mandiri diharuskan mengganti PIN ATM Mandiri menjadi 6 Digit 

Sebelumnya nasabah Bank Mandiri ketika memasukkan 4 Digit PIN ATM Bank Mandiri akan langsung masuk ke Menu Utama ATM, namun belakangan ini hal itu tidak berlaku lagi, setelah kita memasukkan 4 Digit PIN ATM kita harus juga menekan enter untuk masuk ke menu utama.

Berikut Panduan yang didapat dari website resmi bankmandiri.co.id

Frequently asked question (FAQ) Seperti yang di kutip dari bankmandiri.co.id
Cara Ganti PIN ATM 4 digit menjadi 6 digit
1. Mengapa Bank Mandiri melakukan perubahan PIN dari 4 digit menjadi 6 digit pada Kartu Mandiri Debit/ATM ?

Jawab :

Bank Mandiri melakukan perubahan PIN untuk transaksi kartu mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2015 karena adanya ketentuan / regulasi dari BI, yaitu Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/22/DASP tanggal 18 Oktober 2011 tentang Implementasi Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.


Berkenaan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi untuk implementasi pelaksanaan Pin 4 digit menjadi 6 digit kepada seluruh Pegawai Bank Mandiri dan nasabah Bank Mandiri.
2. Mulai kapan nasabah dapat melakukan penggantian atau perubahan PIN dari 4 digit menjadi 6 digit ?menjadi 6 digit ?

Jawab:

Nasabah dapat melakukan perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit / ATM terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2015.
3. Dimana nasabah dapat melakukan perubahan / penggantian PIN kartu Mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit?

Jawab :

Nasabah dapat melakukan perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit dari 4 digit menjadi 6 digit melalui mesin Mandiri ATM atau di Cabang Bank Mandiri terdekat.
4. Bagaimana proses perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit?

Jawab:

Ada 2 (dua) cara melakukan perubahan atau penggantian PIN kartu Mandiri Debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit, yaitu :

a. Perubahan / penggantian PIN melalui mesin Mandiri ATM, ikuti langkah-langkah berikut ini : 
Masukkan kartu mandiri debit / ATM Anda dan pilih Bahasa. 
Masukkan PIN 
Pilih menu Transaksi Lainnya pada layar ATM 
Pilih menu Ubah PIN pada layar ATM 
Masukkan kembali PIN lama Anda pada layar ATM, lalu tekan ENTER / Tombol Hijau 
Masukkan 6 angka PIN baru yang Anda kehendaki 
Masukkan kembali 6 angka PIN yang tadi Anda masukkan ke layar ATM 
Setelah Ganti PIN selesai, keluar struk dengan keterangan “Ganti PIN Berhasil”. Segera Ambil kartu Anda 

b. Perubahan / penggantian PIN melalui Cabang Bank Mandiri 
Nasabah dapat mengisi formulir aplikasi umum di Customer Service dengan membawa dokumen seperti buku tabungan, kartu Mandiri debit serta kartu identitas yang masih berlaku. Apabila data verifikasi sesuai, nasabah akan melakukan perubahan / penggantian PIN melalui PINPAD di Teller. 
Customer Service mengarahkan nasabah melakukan perubahan PIN melalui PINPAd di teller. 
Nasabah diminta memasukkan PIN Baru sebanyak 6 digit. 
Nasabah memasukkan kembali PIN 6 digit yang tadi dibuat/dimasukkan. 
Penggantian PIN 6 digit selesai. 
5. Jika nasabah telah berhasil melakukan penggantian PIN, apakah nasabah dapat langsung bertransaksi di Jaringan ATM (Bank mandiri, ATM Bersama, LINK, Prima, Visa), Cabang Bank Mandiri dan mesin EDC?

Jawab:

Jika nasabah telah berhasil melakukan penggantian PIN, maka nasabah sudah dapat langsung bertransaksi di Jaringan ATM (Bank mandiri, ATM Bersama, LINK, Prima, Visa), cabang Bank mandiri dan mesin EDC.
6. Apakah jika nasabah belum melakukan perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit, nasabah tidak dapat melakukan transaksi menggunakan kartu mandiri debit / ATM nya?

Jawab:

Jika nasabah belum melakukan perubahan PIN dari 4 digit menjadi 6 digit, kartu mandiri debit / ATM nasabah masih dapat dipergunakan melakukan transaksi dengan PIN 4 digit.
7. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut terkait perubahan / penggantian PIN dari 4 digit menjadi 6 digit, kemana nasabah dapat bertanya?

Jawab:

Nasabah dapat menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat atau menghubungi mandiri Call 14000 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perubahan / penggantian PIN kartu Mandiri Debit.
8. Bagaimana bentuk pengumuman mengenai penggantian PIN ke 6 digit ini?

Jawab:

Sosialisasi akan dilakukan dengan menggunakan flyer, poster, pengumuman, surat pemberitahuan dan FAQ ke Cabang serta permintaan informasi melalui Mandiri Call 14000.


Semoga catatan tentang Cara Ganti PIN ATM Mandiri Dari 4 Digit Menjadi 6 Digit ini bisa bermanfaat bagi anda yang menggunakan Kartu ATM Bank Mandiri.


manualnya dapat didownload di bankmandiri.co.id


No comments: