Tuesday, October 13, 2015

Bukit Lawang, Bahorok, Langkat, Potensi Wisata

Potensi Wisata Di Bahorok:
Selain Bukitlawang, Ada  Panorama Sungai Landak Dan Air Terjun Putri Datok gbr


Bukitlawang dikecamatan Bahorok Kabupaten Langkat merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat menarik dan sudah tersohor ke mancanegara, selain menawarkan keindahan hutan tropis dengan flora dan faunanya juga ditemukan penghuninya yang tergolong langka yaitu orang utan ( Ponggo Pygmaeus) yang merupakan daya tarik tersendiri bagi  wisatawan mancanegara.
Selain Bukitlawang, Bahorok  masih menyimpan beberapa  lokasi wisata yang sangat menawan dengan flora dan faunanya, namun  lokasi tersebut belum dikelola secara professional, sehingga jarang dikunjungi masyarakat. Hal ini terjadi akibat sarana infrastruktur yang minim. Tetapi bagi sejumlah wisatawan asing maupun kelompok pecinta alam yang gemar melakukan perjalanan jelajah hutan,lokasi wisata yang  lingkungannya sangat asri tersebut sudah tidak asing lagi.
Sepertihalnya Sungai Landak di Desa Timbanglawan  juga memiliki panorama sungai yang indah, air yang jernih sebatas lutut dengan hamparan batu-batu kecil ,tentunya membuat kenyamanan tersendiri saat mengharungi sungai tersebut. Belum lama ini diseberang sungai sudah ada bangunan pondok  Jungle Hill tempat beristirahat dan menginap dengan fasilitas seadanya milik warga setempat.
gbr
Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus naik ojek kenderaan roda dua melintasi jembatan gantung Sungai Bahorok yang dibangun oleh Yayasan  Ekositem Leuser  sejak tahun 2008 di Pulau Pisang. Setelah melintasi areal perkebunan karet milik penduduk setempat  akhirnya kita sampai dipinggiran Sungai Landak . Setelah itu pengunjung dapat menyeberang dengan mengharungi air sungai sebatas lutut yang sangat jernih dan tiba di pondok Jungle Hill milik  Mehamat Ginting.
Bagi pengunjung yang hobi menjelajah hutan, dari lokasi ini mulai start berjalan kaki menyusuri hutan selama satu jam menuju tiga lokasi air terjun Selang Pangeran  yang salah satu diantaranya yaitu air terjun yang paling bawah  bernama Air Terjun Putri Datok. Pengunjung yang memiliki stamina dengan  dipandu warga setempat , dapat menikmati ketiga lokasi terjun di Selang Pangeran Desa Timbanglawan Kecamatan Bahorok tersebut. Tetapi bagi pengunjung yang tidak pernah menjelajahi hutan, sebaiknya disarankan untuk tidak ikut naik menyusuri kawasan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) .Pengunjung cukup puas bersantai dipinggiran sungai sambil  menikmati bontot yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 
gbr
Sementara itu Amru selaku Kepala Desa Timbanglawan  didampingi  Amat Z  salah seorang guide  warga Dusun VIII Selangpangeran  mengemukakan kawasan Sungai Landak sejak beberapa bulan belakangan ini , mulai ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur.  Kawasan seberang Sungai Landak  juga merupakan jalur   jelajah hutan  bagi sejumlah wisatawan asing  menuju Bukitlawang-Tanah Karo dan sebaliknya serta menuju lokasi Gua Batu Rizal dan  Gua Mata Angin Bahorok.
langkatonline/IK

No comments: