Wednesday, May 28, 2008

Pemkab Labuhan Batu Undang Investor Korea Bangun Pelabuhan Tanjung Sarang Elang

Rantau Prapat, (Analisa)

Kabupaten Labuhan Batu memiliki potensi ekonomi cukup besar pada sektor pertanian dan perkebunan, Tahun 2007 luas perkebunan kelapa sawit 373 ribu hektare dengan produksi TBS (tandan buah segar) 6,4 juta ton.
Untuk pengolahannya didukung 42 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang menghasilkan 1,5 juta ton, sedang perkebunan karet seluas 88 ribu hektare dengan produksi 88 ribu ton yang didukung dengan pabrik pengolah karet sebanyak 8 unit.
Seluruh produksi dari Labuhan Batu ini diangkut keluar daerah dengan menggunakan sarana transportasi darat, berakibat tingginya kepadatan arus lalulintas dan meningkatnya kerusakan badan jalan dan besarnya biaya transport, untuk mengatasi hal ini dibutuhkan ada pelabuhan laut.
Demikian dipaparkan Bupati HT Milwan di hadapan pengusaha dari PT Sungwon Korea di ruang rapat Bapeda Labuhan Batu, Senin (26/5).
Dalam paparan yang juga dihadiri anggota DPRD, Sekdakab Drs Karlos Siahaan, Kabag Humas Drs Sugeng itu, Bupati melanjutkan untuk mengantisipasi kebutuhan transportasi antar pulau dan ekspor. Pemkab merencanakan lokasi pelabuhan di kecamatan Panai Hilir yang berhadapan langsung dengan selat Malaka.
Lokasi yang direncanakan tersedia lahan seluas 500 hektare, jarak kepelabuhan besar seperti Dumai berjarak 200 km, Tanjung Balai 80 km, Bagan Siapi-api 75 km sedang ke pelabuhan Port Kelang Malasyia hanya 152 km saja, ujar Milwan.
Untuk menuju rencana lokasi pelabuhan dari jalan darat ada tiga jaringan jalan alternatif, yaitu dari jalan nasional Aeknabara sepanjang 111 km, alternatif kedua dari jalan nasional Simpang Tolan sepanjang 101 km dan alternatif ketiga dari Jalan Nasional Simpang Tanjung Mulia sekitar 100 km.
Dengan dibangunnya pelabuhan ini, diperkirakan akan diperoleh berbagai keuntungan terutama pengurangan jarak tempuh dan biaya transportasi, sebagai contoh satu PKS akan dapat menghemat biaya transportasi antara 52 sampai dengan 129 juta/hari.
Selain itu,dalam jangka menengah dan panjang, kawasan sekitar pelabuhan akan berkembang dengan tumbuhnya berbagai kegiatan pendukung yang pada akhirnya akan mendorong percepatan pertumbuhan wilayah dan peningkatan ekonomi daerah, papar HT Milwan.
Sin mewakili PT Sungwon yang tampak tertarik dengan paparan tersebut mengatakan akan segera membentuk tim untuk turun langsung meneliti kelayakan pembangunan pelabuhan dimaksud. (km)

No comments: