Wednesday, May 28, 2008

Puncak Peringatan Hul Ke 84 Tuan Guru BabussalamNilai-nilai Kesufian Tuan Guru Bangkitkan Ketauhidan Umat

Stabat, (Analisa)

Diperkirakan, puluhan ribu umat Muslim pengikut Thariqat Naqsabandiyah dari seluruh nusantara dan beberapa negara tetangga mengikuti puncak acara peringatan Hul ke 84 Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi di perkampungan relegius Babussalam Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang, Senin malam (26/5).
Puncak peringatan Hul ini, diawali dengan pelaksanaan ratib di depan pusara Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi, dengan mengumandangkan asma Allah, dimulai ba’da Isya hingga menjelang Subuh. Acara ritual diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an disampaikan sejumlah qari dan qariah kondang.
Usai melaksanakan ibadah ritual, puncak acara perigatan Hul diakhiri dengan pembacaan riwayat singkat Syekh Abdul Wahab Rokan yang dibacakan Khalifah H Abdul Hakim di hadapan seluruh jemaah yang hadir. Diceritakan, ulama terkemuka pembawa dan penyebar Thariqat Naqsabandiyah yang terbesar dan saat ini tersebar di hampir belahan dunia Islam itu, dilahirkan di Danau Runda Kampung Binuang Sakti Kampar Riau, sekira 200 tahun silam.
Sejak kedatanganya di Langkat mengembangkan ajarannya, Syekh Abdul Wahab Rokan juga merupakan salah satu ulama pembaharuan di Indonesia yang ajarannya mampu membawa perubahan dalam kehidupan beragama di Indonesia. Hingga saat ini, meskipun ulama kharismatik itu telah wafat, ajaranya tetap diikuti dan kekharismatikannya tetap dikenang umat.
Hadir pada puncak peringatan Hul itu, Bupati Langkat H Syamsul Arifin SE, Wakil Ketua DPRD Langkat H Ahmad Ghazali Syam, Konsul Kehormatan Turki H Rahmadsyah, Ketua MUI Medan DR H Mohammad Hatta dan seluruh unsur muspida Langkat.
Bupati Langkat H Syamsul Arifin SE mengajak umat Islam untuk menteladani Kejuhudan Syekh Abdul Wahab Rokan dalam ajaran kesufiannya. Kesederhanaan serta kepatuhanya kepada Allah dalam menjalankan ajaran agama serta iklas dalam mengembangkan dan mengajarkan ilmu yang dimilikinya kepada umat patut menjadi anutan seluruh pengikut Thariqat.
Bupati Langkat yang juga merupakan Gubernur terpilih pada pilkada lalu mengharapkan, pelaksanaan Hul dapat menjadi spirit bagi umat Islam khususnya di Kabupaten Langkat, untuk dapat lebih giat menjalankan ajaran agama Islam, terutama nilai-nilai kesufian yang dibawa tuan guru.
Sebab, dalan ajaran kesufiannya tuan guru menitik beratkan pada peningkatan kualitas iman umat untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat dan konsef tersebut saat ini telah luntur dari kehidupan umat beragama. (als)

No comments: