Sunday, August 29, 2010

Gunung Sinabung Meletus, PMI Pusat Masih Tunggu Laporan PMI Sumut

Fajar Pratama - detikNews
Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat saat ini masih belum mengirimkan tim bantuan kemanusiaan ke daerah letusan gunung Sinabung. Penanganan sejauh ini masih dipasrahkan kepada PMI Sumatera Utara, karena keadaan dinilai masih dapat diatasi oleh tim dari daerah.

Sampai saat ini PMI Sumut telah menyalurkan 12.500 masker kepada para pengungsi. Pada hari ini juga akan dibagikan 8.500 masker tambahan. Kondisi udara yang begitu berdebu membuat para pengungsi harus memakai penutup agar tidak mengganggu pernapasan.

"Sejauh ini penanganan kami (PMI Sumut) yang melakukan. Prosedurnya memang seperti itu. Kami dulu (PMI Sumut) yang turun, jika kami tidak dapat mengatasi keadaan, baru pusat bergerak. Alhamdulillah sampai saat ini lancar-lancar saja," tukas Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat PMI Provinsi Sumatera, Harliandi Mahardhika, ketika dihubungi detikcom Minggu (29/9) sore.

Harliandi menambahkan bahwa petugas penilai dari pusat baru akan datang pada Minggu nanti malam, untuk menilai seberapa besar bantuan yang diperlukan untuk dikirim dari Jakarta.

"Kami akan mengerahkan tambahan personil Satgana dari PMI Provinsi Sumatera Utara untuk ditugaskan membantu di posko-posko pengungsian warga. Selain masker kita juga telah menyuplai 1200 tikar, satu tenda peleton dan tiga tenda karavan. Begitu kami datang di lokasi, saya melihat situasi di sini masih dalam batas kewajaran."

(anw/anw)

No comments: