Sunday, February 17, 2008

Timor Leste dan Australia

Australia di Timor Leste

KETIKA mengunjungi Timor Leste, Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menyatakan bahwa yang paling dibutuhkan negara kecil itu bukanlah pasukan internasional tapi bagaimana rakyat mereka menghormati demokrasi.

Pernyataan Rudd ini tampaknya merupakan upaya Australia untuk menepis kekhawatiran sejumlah pihak, termasuk rakyat Timor Leste sendiri, bahwa Australia berupaya memanfaatkan situasi kacau di negeri kecil itu untuk lebih menancapkan pengaruhnya melalui pengerahan pasukan perdamaian.

Selama ini, bahkan sejak kawasan itu masih menjadi propinsi Indonesia, Australia memang memainkan peran penting dalam persoalan Timor Leste. Bersama Portugal, Australia adalah sponsor dan pendukung utama kemerdekaan Timor Timur. Dukungan ini jelas kurang wajar sebab Indonesia-Australia adalah negara tetangga yang seharusnya saling menghormati kedaulatan masing-masing. Dukungan luas Australia atas upaya kemerdekaan Timor Leste itu jelas ‘ada udang dibalik batunya’.

Ketika Timor Leste merdeka pun, kita melihat Australia menjadi negara asing nomor satu yang memberi beragam bantuan termasuk bantuan pasukan keamanan. Hampir seluruh pasukan penjaga perdamain internasional yang saat ini berada di Timor Leste berasal dari Australia. Sekali lagi yang menjadi pertanyaan: apakah ini murni bantuan kemanusiaan atau ada rencana lain di balik itu ?.

Aktivitas Australia dalam dasawarsa terakhir memang pantas untuk dicurigai. Sebagai ‘negara kulit putih’ yang berada di seberang Samudra Atlantis, Australia berusaha menunjukkan supremasi kulit putihnya atas negara-negara non-kulit putih di sekelilingnya, tindakan yang disebut-disebut sebagai sikap neo-imperialisme negara-negara Barat. Hampir semua negara kecil di pasifik, bukan cuma negeri liliput seperti Fiji atau Salomon, tapi bahkan Papua Nugini, kini praktis dibawah pengaruh Australia. Berkat keunggulan militer dan ekonomi, negara-negara itu kini dengan mudah telah menjadi satelit Australia.

Timor Leste sejak lama telah menjadi bidikan utama Australia untuk ‘dikuasai’. Cengkraman Australia yang selama ini hanya di seputar kawasan kepulauan Pasifik, bisa menjorok dalam ke Asia dan tepat ke jantung Indonesia, bila ‘menguasai’ Timor Leste. Rencana strategis Australia ini, tak jelas apakah turut didukung diam-diam oleh sejumlah negara Barat atau tidak, sejauh ini berhasil dengan mulus.

Timor Leste telah merdeka, tapi kondisi negeri itu, secara politik, ekonomi dan keamanan maupun psikologis yang belum layak untuk merdeka, menjadi peluang besar bagi Australia untuk memasukkan agendanya. Ini-lah yang seharusnya disadari rakyat Timor Leste.

Tidak dapat disangkal bahwa sebagai negara sangat muda, dengan sumber daya alam dan manusia yang sangat terbatas, Timor Leste jelas dan mutlak membutuhkan bantuan dari negara lain. Tapi mereka harus awas melihat bantuan-bantuan tersebut, jeli mengantisipasi adanya agenda-agenda terselubung di balik bantuan itu.

Kita memang telah melihat sejumlah kelompok rakyat Timor Leste memprotes kehadiran militer Australia yang sangat besar itu, tapi sayang perselisihan antar rakyat Timor Leste sendiri telah memberi pembenaran atas pengerahan pasukan asing itu. Bila tak bijaksana mengantisipasi agenda terselubung asing, plus rekonsiliasi antar rakyat mereka, bisa-bisa cita-cita kemerdekaan Timor Leste untuk dapat ‘bebas’ sebaliknya berbalik, mereka terpuruk dalam cengkaram asing (AnD)



1 comment:

Ky darsa said...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
beri 4 angka [4823] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 960 JUTA , wassalam.